Saturday, August 22, 2009

Peraturan sekolah

sebuah pemikiran lama yang baru saja terpikir. entah mengapa tiba-tiba saja aku terpikir dengan peraturan-peraturan sekolah ku dulu.

aku sudah melalui dua buah institusi bernama sltp dan sma, setiap  sekolah itu memiliki peraturan tersendiri,  peraturan yang sering membuat ku jengah . . .

tidak,
aku tidak menyalahi semua peraturan itu, hanya beberapa peraturan yang sangat konyol saja.

misalnya,
tidak boleh pake kaos kaki warna warni. memangnya apa esensi dari peraturan bodoh itu [gara-gara peraturan itu, aku pernah kehilangan sepasang kaos kaki baru yang tidak pernah kembali lagi ketanganku]. apakah peraturan itu untuk keseragaman? memangnya seragam yang kita pakai belum cukup? kalau kita boleh memakai tas yang berbeda-beda, kenapa kita tidak boleh memakai kaos kaki yang berbeda pula? kenapa harus selalu memakai kaos kaki putih polos yang mudah sekali kotor dan dekil? apakah peraturan itu untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial? ya tuhan…. kaos kaki bagus sekarang murah! 10.000 dapat 3!!

tidak boleh pake seragam yang pas. memangnya apa yang salah dengan memakai seragam yang pas? kita manusia memang selalu mencari sesuatu yang pas untuk kita kan? sepatu yang pas, dandanan yang pas, dan pasangan hidup yang pas. ingat! yang aku bilang adalah seragam yang PAS, bukan seragam yang kekecilan!memangnya aku harus pakai seragam yang bagaimana? yang kebesaran? yang kedodoran? yang panjang lengannya melebihi siku? apa iya harus begitu? semua guru juga melakukan hal yang sama, mereka memakai pakaian yang pas, bukan yang kekecilan. jadi, kenapa kita para murid harus mengikuti peraturan bodoh itu? 
pak, bu! tanpa mengurangi rasa hormat, saya mohon, berhentilah menyilang seragam2 murid kalian dengan spidol!

harus memakai sepatu warrior atau hitam. kenapa sih dengan peraturan ini? aku sama sekali tidak bisa menemukan esensinya sama sekali. banyak sekolah yang membolehkan murid-murid nya menggunakan sepatu beragam dan sekolah itu ternyata bertaraf internasional. lihat kan! warna sepatu seseorang tidak bakal menentukan tingkat intelejensi seseorang!

tidak boleh pakai celana di bawah lutut [bagi murid laki-laki smp]. peraturan ini ANEHHHH….BGT!!!!! bagi kalian para pria smp, kalau kalian disuruh memakai celana diatas lutut lagi, bilang aja begini, "maaf pak/bu, saya sudah tidak bisa pake celana pendek lagi, soalnya saya udah akil baligh dan bagian tubuh saya dari pusar sampai lutut adalah aurat, jadi saya tidak bisa mengumbarnya!"

itulah, sebagian dari peraturan sekolah yang menurut saya sangat konyol! sebenarnya apa sih esensi semua peraturan itu? untuk meningkatkan kompentensi kita para penerus bangsa? kalau memang iya, lebih baik para pengurus sekolah melarang penggunaan saos-saos botolan yang sering beredar di kantin sekolah [yg jelas terbuat dr bahan-bahan yang tidak sehat!], bukannya membuat semua peraturan aneh itu!

No comments: